Sebab – Sebab Timbulnya Konflik

III. Sebab – Sebab Timbulnya Konflik

Setiap terjadi konflik pasti memiliki latar belakang penyebabnya. Secara umum ada beberapa sebab timbulnya konflik, yaitu :
a.       Hendricks, W. (1992) mengidentifikasikasi proses terjadinya konflik terdiri dari tiga tahap. Pertama : peristiwa sehari – sehari, kedua : adanya tantangan, sedangkan yang ketiga : timbulnya pertentangan.
b.      Perebutan tenaga ahli yang professional. Suatu organisasi ingin memiliki tenaga kerja yang handal dan berkualitas, ini salah satunya dapat dilakukan dengan cara mengambil atau menarik SDM yang berasal dari organisasi atau perusahaan lain. Ini sebagaimana ditegaskan oleh Wahyudi, yaitu “Pada saat permulaan muncul suatu krisis ditandai dengan adanya pertentangan untuk memperebutkan sumber daya organisasi yang terbatas, maupun disebabkan lingkungan kerja yang tidak kondusif.
c.       Keinginan pihak top management yang terlalu ambisius dan juga mengandung maksud tertentu. Dimana ini telah terbaca oleh pihak komisaris sehingga menimbulkan reaksi konflik antara manajemen dan komisaris. Ini dari segi teori sehingga sering disebut dengan Agency theory. Agency theory merupakan teori yang membahas konflik antara pihak manajemen disebut agent atau pelaksana dan komisaris yang disebut principal. Dimana mereka harus membangun suatu kontrak kerja yang menyangkut aturan – aturan yang harus disepakati oleh kedua belah pihak , terutama aturan yang menegaskan bahwa agent harus bekerja untuk memaksimalkan keuntungan pada principal.
d.      Konflik juga memungkinkan terjadi karena kondisi dan situasi eksternal perusahaan yang dianggap tidak sisi representative dalam rangka memberikan kenyamanan pada perusahaan. Ini terjadi seperti adanya teror dan gangguan dari pihak luar, sehingga kegelisahan kerja selalu terjadi dan manajemen perusahaan tidak bisa fokus dalam membangun dan melaksanakan rencana yang dibuatnya.

Sumber :
Irham, Fahmi (2012). Manajemen. Penerbit ALFABETA.
Kertonegoro, Sentanoe (1994). Manajemen Organisasi. Jakarta : P.T WIDYA PRESS JAKARTA.


0 komentar:

Posting Komentar

 
©2009 Eta Sugoro | by TNB