Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk SmartPhone Blackberry dan SmartPhone Samsung Android dan Bagaimana Konsumen Mendapatkan Segmentasi Kepuasan Maksimal pada Produk Tersebut

A. Latar Belakang

Di era modern sekarang handphone bukanlah barang yang langka, hampir semua jenis merek handphone, tipe bahkan bentuk dapat ditemui. Tentu saja semakin berkembangnya zaman semakin canggih pula teknologi yang digunakan pada perangkat device tersebut, sebut saja “smartphone” perangkat ini sangatlah digandrungi oleh masyarakat sekarang yang tentunya mereka tertarik dengan teknologi yang digunakan pada perangkat smartphone tersebut.

Merek perangkat smartphone yang sedang menjadi bahan perbincangan sekarang dapat kita sebut saja seperti Blackberry dan Samsung. Merek ini menggunakan dua sistem operasi yang berbeda tentunya juga memberikan teknologi yang berbeda pula.Blackberry yang terkenal dengan sistem operasi Blackberry yang menyediakan layanan chatting ataupun layanan internet social yang lainnya contohnya saja Blackberry Messenger layanan ini mengizinkan pengguna antar BB user berinteraksi secara bebas dan sepuasnya dengan menggunakan layanan Blackberry Internet Service (BIS). Sedangkan Samsung terkenal lewat sistem operasi Android. Sistem operasi yang menyediakan banyak layanan hiburan dan jejaring social media lainnya lewat app store yang hanya dapat di akses pada perangkat smartphone tersebut.

Dua merek smartphone ini masih menjadi pilihan masyarakat dalam memenuhi kepuasan terhadap penggunaan teknologi dan komunikasi.

B. Perilaku Konsumen Terhadap Produk Smartphone Blackberry dan SmartPhone Samsung Android Bagaimana Konsumen Mendapatkan Segmentasi Kepuasan Maksimal pada Produk Tersebut 

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Sebelum membeli produk konsumen pastinya melewati suatu proses pengambilan keputusan pembelian. Konsumen pastinya memilih produk yang memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi. Produk smartphone Blackberry merupakan produk yang menyediakan layanan internet yang cocok untuk bisnis, produk ini cocok untuk para konsumen yang membutuhkan komunikasi jaringan yang luas untuk memudahkan bisnisnya sedangkan produk smartphone Samsung android lebih cocok untuk konsumen yang membutuhkan hiburan dan layanan internet lainnya.

Kepuasan konsumen adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan, dan kebutuhan konsumen dipenuhi suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Konsumen tentu saja ingin mendapatkan kepuasan maksimal terhadap produk yang telah dibeli. Konsumen akan merasa puas jika produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan tentunya dengan layanan yang disediakan oleh merek tersebut. Konsumen haruslah tahu produk mana yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan tentunya juga melihat dari segi kualitas dan harga.

0 komentar:

Posting Komentar

 
©2009 Eta Sugoro | by TNB