Tugas 2 Membuat tulisan berdasarkan artikel dikoran maupun majalah menjadi tulisan yang lebih ringkas

Tugas 2 
Membuat tulisan berdasarkan artikel dikoran maupun majalah menjadi tulisan yang lebih ringkas 
Menghitung Hari Bumi 
Koran Tempo Rabu, 25 September 2013 
Ilmu & Teknologi 

 London- Bila bumi selamat dari tabrakan asteroid, perang nuklir atau berbagai bencana alam maupun perubahan iklim. Planet ini ternyata hanya mampu mendukung kehidupan hingga 1,75 milliar tahun lagi menurut hasil studi para ilmuwan Inggris. Penelitian ini mengindikasikan bumi akan keluar dari zona habitable atau zona layak huni dan masuk kedalam zona panas. Air adalah pelarut yang sempurna untuk reaksi kimia yang menjadi inti kehidupan, namun jika suatu planet jauh dari bintang induknya maka air diplanet itu berubah menjadi es permanen dan CO2 dan sebaliknya jika terlalu dekat mengubah air menjadi uap yang menghilang di antariksa. 

 Perubahan suhu ekstrem adalah ancaman besar bagi kehidupan manusia dan bentuk kehidupan kompleks lainnya. Menurut Andrew Rushby, peneliti dari Universitas East Anglia di Inggris “Manusia sudah kesulitan dengan adanya perubahan kecil suhu. Sedangkan dalam kondisi ekstrem, hanya mikro tertentu yang bisa bertahan.” Rusbhy dan kolegenya mengembangkan pemodelan untuk mengevaluasi waktu yang tersedia bagi evolusi kehidupan diplanet lain, termasuk memprediksi masa sebuah planet berada zona layak huni. Dalam riset yang dimuat di jurnal Astrobiology, 18 September lalu mengaplikasikan pemodelan itu pada bumi dan delapan planet lain yang masuk zona layak huni, termasuk mars. 

 Mereka memperkirakan masa bumi berada di zona layak hidup 7,9 miliar tahun, dengan mengasumsikan bumi berusia 4,5 miliar tahun. Hasil perhitungan itu dilandasi pula dengan temuan pada Maret lalu, bahwa bumi ternyata lebih dekat dengan tepi bagian dalam zona layak huni matahari dibanding dengan perkiraan sebelumnya. Tepi bagian dalam zona layak huni matahari itu bergerak ke arah luar dengan kecepatans sekitar satu meter per tahun. Ketika matahari bertambah terang dan bumi menjadi terlalu panas dan bumi menjadi terlalu panas untuk dihuni makhluk hidup. Mars akan memasuki zona layak huni. “Jika manusia masih bertahan hingga satu miliar tahun mendatang saya berani membayangkan bahwa mereka akan hidup di mars” kata Mark Claire, ahli astronomi di University of St Andrews, Inggris. 

 Hingga saat ini sesungguhnya belum ada planet lain yang kualitasnya sama dengan bumi untuk menyokong kehidupan. “Namun, jika kita harus pindah ke planet lain, Mars adalah opsi terbaik,” kata Rushby. “Planet itu dekat dan akan tetap berada dalam zona aman hingga masa aktif matahari berakhir, sekitar enam miliar tahun dari sekarang.” 

 Sumber : "Menghitung Hari Bumi." [Ilmu dan Tekonologi]. Koran Tempo, No. 4354, 25 September 2013, h. A12.

0 komentar:

Posting Komentar

 
©2009 Eta Sugoro | by TNB