Client - Server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang
merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak client
dan pihak Server. Proses yang terjadi yaitu memecah suatu proses antara sisi
client dan Server, sehingga client akan memproses sebagian resourcenya,
sedangkan pemrosesan yang diserahkan pada sisi Server. Secara umum komputer dapat di katakan sebagai client, jika
menerima layanan tertentu dari Server dan disebut Server jika member layanan
tertentu pada client.
1. Arsitektur
Dari Sisi Client
Karakteristik
Client :
- Selalu memulai permintaan ke Server.
- Menunggu balasan.
- Menerima balasan.
- Biasanya terhubung ke sejumlah kecil dari Server pada satu waktu.
- Biasanya berinteraksi langsung dengan pengguna akhir dengan menggunakan antarmuka pengguna seperti antar muka pengguna grafis.
- Khusus jenis Client mencakup: web browser, e-mail Client, dan online chat Client.
2. Arsitektur
Dari Sisi Server
Karakteristik
Server :
- Selalu menunggu permintaan dari salah satu Client.
- Melayani Client permintaan kemudian menjawab dengan data yang diminta ke Client.
- Sebuah Server dapat berkomunikasi dengan Server lain untuk melayani permintaan Client.
- Jenis Server khusus mencakup: web Server, FTP Server, database Server, E-mail Server, file Server, print Server. Kebanyakan web layanan ini juga jenis Server.
3. Kolaborasi Arsitektur Sisi
Client Dan Sisi Server
Arsitektur Single -Tier
Semua
komponen produksi dari sistem dijalankan pada komputer yang sama merupakan definesi
dari Arsitektur Single- Tier. Kelemahan dari jenis ini pelaksanaan keamanan lebih
rendah dan kurangnya skalabilitas. Sebuah arsitektur skalabel ketika dapat
dengan mudah diperluas atau ditambah untuk memenuhi kebutuhan peningkatan
kinerja. Setelah semua komponen utama situs dan data di satu komputer
di belakang firewall daun domain situs lebih rentan terhadap serangan
berbahaya. Menjalankan semua komponen situs pada sebuah komputer juga
membatasi ekspansi dan optimalisasi kemungkinan.
Arsitektur Two - Tier
Dalam dua
lapis Client/Server antarmuka pengguna, pengguna ditempatkan di lingkungan
desktop dan sistem manajemen database jasa biasanya dalam sebuah Server yang
lebih kuat merupakan mesin yang menyediakan layanan bagi banyak Client. Pengolahan
informasi dibagi antara sistem user interface lingkungan dan lingkungan Server
manajemen database. Arsitektur ini lebih
aman dan terukur daripada Single – Tier. Namun kelemahannya adalah biaya yang
mahal dan kompleksitas arsitektur.
Arsitektur Three - Tier
Arsitektur
Three-Tier diperkenalkan untuk mengatasi kelemahan dari arsitektur Two - Tier. Di
tiga tingkatan arsitektur, sebuah middleware digunakan antara sistem user
interface lingkungan Client dan Server manajemen database lingkungan.
Middleware ini di implementasikan dalam berbagai cara seperti pengolahan
transaksi monitor, pesan Server atau aplikasi Server. The middleware
menjalankan fungsi dari antrian, eksekusi aplikasi dan database pementasan.
Di samping itu middleware menambahkan penjadwalan dan prioritas untuk
bekerja di kemajuan. Three-tier Client / Server arsitektur digunakan untuk
meningkatkan performa untuk jumlah pengguna yang besar dan
juga meningkatkan fleksibilitas ketika dibandingkan dengan pendekatan dua
tingkat. Kekurangannya tingkatan arsitektur adalah bahwa lingkungan
pengembangan lebih sulit untuk digunakan daripada pengembangan aplikasi
dari dua lapis.
sumber :
Komentar
Posting Komentar