Telematika Dan Trend Arah Perkembangan Masa Depan

a. Pengertian Telematika


Istilah Telematika tentu tidak asing pada saat ini, kata Telematika sendiri berasal bahasa Perancis “Telematique” dipopulerkan pertama kali pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L’informatisasation de la Societe. Telematika di artikan sebagai sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Merujuk sebagai suatu sisem elektronik yang lahir dari perkembangan telekomunikasi, media dan informatika.
Para praktisi menyatakan bahwa “Telematics” adalah singkatan dari “Telecomunications” and “Informatics” sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Juga dikenal sebagai “The New Hybrid Technology” yang lahir karena perkembangan teknologi digital.
Menurut Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia. Teknologi Telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan informatika. Telematika sebagai singkatan dari Tele yang artinya Telekomunikasi, Ma sebagai Multimedia dan Tika sebagai Informatika. Maka Telematika adalah sebagai perpaduan antara komunikasi, media dan teknologi informasi contohnya adalah siaran radio maupun televisi.
Sedangkan Yusuf Hadi Miarso (2007) berpendapat bahwa Telematika merupakan sinergi teknologi telekomunikasi dan informatika untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary (digital).
Istilah Telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah :
  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah Telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah Telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Jadi dapat disimpulkan bahwa Telematika adalah suatu sistem jaringan komunikasi jarak jauh melalui media eletromagnetik untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary (digital) lalu mentransmisikan hasilnya sebagai sebuah informasi dengan jangkauan yang luas.


Pemanfaatan Telematika
  • Sebagai sarana komunikasi jarak jauh yang menyampaikan informasi dengan jangkauan yang lebih luas. Sehingga informasi tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan manusia dan meningkatkan kualitas hidup serta meningkatkan kesadaran dan wawasan.
  • Sebagai sarana komunikasi kontak sosial kehidupan bermasyarakat, dengan adanya telematika setiap orang mampu berinteraksi satu sama lain walaupun saling berjauhan. Sehingga menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung kerjasama tersebut. Telematika menghubungkan proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.

b. Perkembangan Telematika dan Penerapan Nyata Penggunaanya
Dahulu kala sebelum adanya teknologi seperti sekarang ini manusia berkomunikasi lewat surat menyurat. Seiring dengan kebutuhan manusia akan komunikasi dan informasi yang cepat, efisien dan luas maka telematika pun ikut berkembang. Setiap orang dimanapun dapat merasakan perkembangan tersebut. Teknologi sekarang yang sedang popular dan digunakan oleh masyarakat luas  untuk kemudahan komunikasi adalah penggunaan smartphone, kebutuhan akan smartphone atau ponsel pintar sangatlah tinggi. Dahulu ponsel adalah barang mewah namun sekarang ponsel merupakan kebutuhan sekunder setiap orang pasti memiliki. Di Indonesia sendiri perkembangan telematika amatlah pesat. Di bagi atas dua masa yaitu masa sebelum atau pra satelit dan masa satelit.
Masa pra satelit yaitu radio dan telepon, periode ini sebelum tahun 1976. Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia masih terbatas pada bidang telepon dan radio. Sedangkan telepon pada masa itu tidak terlalu penting, sehingga pembangunan telekomunikasi pun masih kecil jumlahnya. Awal tahun 1960 merupakan masa suram bagi perkembangan telamatika di Indonesia.
Masa satelit yaitu satelit domestik palapa, gagasan peluncuran satelit bagi Indonesia pada tahun 1971 di Jenewa. Di latarbelakangi untuk kelayakan ekonomi dan teknis. Maka untuk mempersatukan Indonesia yang sangat luas diperlukan sarana perhubungan yang dapat mencakup seluruh wilayah. Dampak dari adanya peluncuran satelit adalah munculnya Telkom dan Indosat sebagai badan penyelanggara telekomunikasi yang menyediakan seluruh jaringan dan layanan jasa. Berkembang pula teknologi mobile-telecommunication dan internet.

Penerapan Telematika

1. E-Government, penyedia jasa layanan yang berhubungan dengan pemerintahan secara elektronik. Contohnya www.indonesia.go.id website ini menyediakan segala macam informasi mengenai Republik Indonesia. Untuk mengenalkan Indonesia secara luas kepada dunia maupun warga Negara sendiri sehingga adanya peningkatan interaksi sebagai warga Negara terhadap Negara.


2. E-Commerce, penyedia jasa layanan proses transaksi perdagangan yang dilakukan secara elektronik. Contohnya www.lazada.co.id menyediakan kemudahan dalam berbelanja barang – barang yang dibutuhkan seperti handphone, laptop atau yang lainnya. Memudahkan juga dalam bertransaksi karena dilakukan secara online.

3. E-Learning, penyedia jasa layanan pendidikan dengan media internet berbasis web. Contohnya ilmukomputer.com menyediakan pembelajaran di bidang computing.


c. Trend Arah Perkembangan Telematika di Masa Depan
Seiring berkembangnya gaya hidup manusia, tentunya menjadi salah satu faktor pendukung berkembangnya teknologi informasi. Kebutuhan akan informasi yang digunakan sebagai penunjang keputusan untuk masa depan. Sehingga menjadikan masyarakat dituntut untuk mengetahui informasi secara cepat dan tepat. Salah satu dari produk telematika yang sedang popular dikalangan masyarakat adalah smartphone. Baik tua maupun muda bahkan anak – anak sudah memiliki smartphone. Perangkat ini memiliki fitur canggih sehingga sangat digemari oleh masyarakat luas. Beberapa fiturnya adalah fasilitas chatting dan browsing yang cepat. Bentuk dan design smartphone pun semakin berkembang. Semakin berkembang dalam penjualan smartphone yang ada pun semakin berbentuk tipis dengan design yang lebih modern serta berat yang cukup ringan. Mungkin di masa depan nanti kita akan merasakan smartphone yang hanya berbentuk layar tipis dengan tampilan tembus pandang seperti gambaran berikut :


  Perkembangan trend smartphone ini mungkin akan terus berkembang seiring dengan gaya hidup manusia yang cenderung haus akan fasilitas teknologi yang terbaru. Dan di harapkan salah satu perkembangan Telematika ini membawa harapan masa depan yang lebih baik.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://www.4shared.com/get/2cTqmhaXba/Ebook-pengantar-telematika.html
http://siraith.files.wordpress.com/2011/02/sejarah-telematika.pdf http://karmila.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15747/Tayangan+Peng-Telematika.pdf
http://uhaweb.hartford.edu/brooks/future.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
©2009 Eta Sugoro | by TNB