Compiere & Cara Menginstallnya

Compiere adalah salah satu perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) yang teraplikasi dengan solusi perangkat lunak CRM (Customer Relatinship Management) yang terintegrasi secara lengkap dan bersifat Open Source. Compire yang merupakan perangkat lunak ERP memberikan solusi bisnis dalam banyak hal, baik untuk perusahaan kecil maupun perusahaan menengah dalam distribusi dan pelayanan yang berbasis global dan mencakup semua area dari manajemen pelanggan (Customer Management) samapi rantai persediaan untuk laporan akunting. Semakin berkembangnya teknologi pada dunia bisnis mendorong perusahaan untuk menggunakan teknologi yang memudahkan dalam proses bisnis, banyak perusahaan baik lokal maupun interlokal yang telah menggunakan ERP sistem untuk memanage segala proses bisnis yang ada di dalamnya.

Cara Menginstall Compiere
Siapkan aplikasi yang akan digunakan untuk menginstall compiere yaitu sebagai berikut :
  1. JDK 1.5 yang dapat didownload di http://www.oracle.com/technetwork/java
  2. Fyracle-runtime-win32-installer
  3. Compiere_C253a.                  
  4. Compiere_C253a_Data

untuk ketiga software 2, 3, 4 dapat didownload di http://www.fyracle.org/downloads.
Sebelumnya buat terlebih dahulu folder compiere pada local disk c lalu letakan program Compiere_C253a. dan Compiere_C253a_Data di folder tersebut. lalu ekstrak kedua program tersebut. Selanjutnya install jdk dan fyracle double klik pada program tersebut. Klik 2x pada program jdk 1.5 maka akan menampilkan  proses instalasi, pilih accept lalu pilih next prosesnya sampai dengan finish sebagai berikut :


Selanjutnya instalasi fyracle, klik 2x pada fyracle, klik next lalu pilih accept selanjutnya next fyracle akan  tersimpan  pada local disk c. Proses selanjutnya adalah instalasi compiere, pertama pilih start >  run lalu ketik cmd. Lalu masuk kedalam folder compiere yang sebelumnya telah di buat.
Lalu ketikan script berikut :
csript winenv.js c:\compiere\compiere2 “ c:\Program Files (x86)\Java\jdk1.5.0_10”
Selanjutnya jalankan Run_Setup.bat pada folder compiere2 lalu akan tampil tabel setup untuk compiere atur dengan benar lalu test, jika benar maka akan muncul cek list hijau, lalu simpan. Sebelumnya ubah dahulu pada tabel setup seperti  Applicatio Server, Database Server dan Mail Server di isi dengan nama komputer/pc yang di gunakan. Lalu untuk Database Name dan Database Search di isi dengan nama folder tempat penyimpanan database compiere.fdb ubah juga untuk Database Type menjadi firebird.


 Jika test berhasil lalu pilih save, lalu akan muncul kotak dialog License Aggrement, pilih Accept. Maka proses instalasi akan berjalan kembali, jika sudah selesai akan tampil jendela yang menyatakan proses selesai, klik ok pada jendela tersebut. Jalankan compiere, selanjutnya akan muncul kotak dialog compiere connection. Ubah Database Type menjadi Firebird dan Database Host nama komputer/pc yang digunakan serta Database Name menjadi alamat folder tempat penyimpan database compiere.fdb. user dan password adalah SYSDBA dan masterkey. Jika sudah maka klik test database. Jika berhasil terdapat tanda cek list hijau, lalu klik Ok


Compiere siap dijalankan, masukan user id masuk sebagai System dengan password System. Lalu akan muncul jendela kerja compiere.

sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

 
©2009 Eta Sugoro | by TNB