COBOL & DosBoX


Bismillah..
Kali ini saya ingin membagikan "Bagaimana Membuka Bahasa Pemrograman Cobol Lewat DosBox Untuk 64bit” . Mungkin kalian tau cobol itu diperuntukkan untuk 16bit dan 32bit sedangkan untuk 64bit kita harus mengakalinya dengan mungkin VirtualBox dan semacamnya tetapi disini saya ingin mencoba menggunakan DosBox untuk membukanya. DosBox sendiri adalah suatu aplikasi yang membantu kita membuka program – program yang diperuntukkan untuk 32bit atau 16bit (informasinya seperti itu).
Cobol itu bahasa pemrograman yang berbeda dengan lain, cobol sendiri tidak mempunyai editor penulisan program seperti pascal atau basic, sehingga untuk menuliskan dan mengkompile harus dilakukan secara terpisah. Maka kita bisa mengggunakan aplikasi seperti, IDE Cobol, sidekick, notepad ++ dan lain sebagainya untuk menuliskan coding programnya sedangkan mengkompilenya kita bisa menggunakan DosBoX atau lainnya tergantung selera hahaha.

1. Pertama siapkan bahan dan alat ahhaha yaitu program cobol, IDE Cobol, dan dosbox tentunya jika belum punya kalian bisa mencari link downloadnya di google. Jika semua sudah siap pertama letakan folder cobol dan notepad++ dalam satu folder di local disk c: atau d: terserah anda. Saya menaruhnya di local disk d:
2. Buka dahulu IDE Cobol, lalu tuliskan listing program jika sudah selesai simpan dalam format .cob simpan dalam folder cobol jangan ditempat lain.
3. Buka dosbox, lalu tuliskan seperti dibawah ini :


mount d d:\IDECobol maksudnya nama folder tempat kita menaruh program tersebut.
5. Tuliskan nama program yang kita save misalnya nama Hello.cob
6. No errors or warnings tandanya tidak ada kesalahan dalam program kita bisa menjalankan tetapi teman saya pernah mengatakan coba di run saja walaupun ada kesalahan dan ternyata bisa di run, saya tidak tau itu memang eror darisana atau memang programnya yang beruntung bisa dijalankan (hahaha) lanjut!!!!!!!!. Lalu tuliskan runcobol nama_programnya.cob dan lihat hasilnya :)

Sekian dari saya semoga bermanfaat, semoga kedepannnya saya bisa menuliskan informasi yang lebih baik dari ini aamiin!!!!!!! Man Jadda Wajada semangat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
©2009 Eta Sugoro | by TNB