Bibliografi (Tugas Bahasa Indonesia 2)

A. Bibliografi sebagai  Pendekatan Keilmuan
Menurut Sulityo Basuki (1993), istilah bibliografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “biblion” yang berarti buku, dan kata “graphein” yang berarti menulis. Jadi istilah bibliografi berarti penulisan buku. Meskipun demikian dalam perkembangannya istilah bibliografi lebih dikenal sebagai suatu teknik sistematik dalam membuat daftar deskriptif dari suatu terbitan. 

Tidak jarang dijumpai dalam suatu buku terdapat suatu bibliografi yang berisi daftar terbitan yang dijadikan rujukan di dalam penulisan. Dalam hal ini bibliografi identik dengan daftar referensi atau daftar bacaan. Bibliografi sebagai suatu daftar bacaan atau daftar rujukan dalam penulisan buku atau suatu karya ini merupakan pengertian yang paling banyak dipahami orang. Bibliografi juga dipahami sebagai suatu terbitan yang mendaftar berbagai terbitan dalam berbagai bentuknya seperti Bibliografi Nasional Indonesia. Bibliografi Nasional Indonesia merupakan terbitan yang mendaftar terbitan-terbitan di Indonesia.

Bibliografi dalam pengertian ini sering dibedakan dengan bibliografi umum yang mencakup berbagai bidang ilmu pengetahuan, dan bibliografi khusus yang hanya mencakup satu bidang ilmu, atau lazim disebit bibliografi subyek.

Verner W. Clapp (1985) memberikan pengertian bibliografi sebagai berikut: “Bibliografi adalah istilah yang disandangkan bagi ilmu, seni, atau jenis produk seni dalam merekam bahan-bahan terbitan. Sebagai ilmu, bibliografi adalah suatu bentuk pengetahuan yang terorganisir yang menampilkan buku dalam berbagai aspeknya, baik dari aspek fisik maupun buku dilihat sebagai pembawa ide / gagasan atau bentuk intelektual yang dikandungnya. 

Bibliografi dalam hal ini adalah ilmu pengetahuan tentang buku dilihat dari berbagai aspeknya. Adapun sebagai suatu seni, bibliografi merupakan suatu teknik untuk memperoleh, menyusun dan menampilkan kembali informasi mengenai buku dan atau bahan sejenisnya. Sebagai produk seni, bibliografi adalah daftar sistematik dari buku-buku yang disusun untuk maksud tujuan tertentu. Istilah buku di sini tidak hanya terbatas pada kumpulan lembaran kertas, tetapi termasuk di dalamnya pamflet, majalah, surat kabar serta artikel yang diterbitkan, manuscript, peta, dan kompisisi musik bahkan mikrofilm dari bahan-bahan yang diterbitkan.

B. Bagian-bagian Bibliografi

Suatu deskripsi bibliografi biasanya terdiri dari:
  1. Judul : berisi judul artikel atau judul buku yang akan di deskripsikan
  2. Kepengarangan : berisi nama pengarang perorangan atau pengarang badan korporasi
  3. Sumber : berisi judul jurnal, judul prosiding, atau judul buku dimana informasi tersebut berada.
  4. Data terbitan (impresum) : berisi data tentang kota terbit, nama penerbit, dan tahun terbit
  5. Keterangan fisik buku (kolasi), yang berisi halaman lokasi artikel ditemukan.
  6. Keterangan informasi, seperti kata kunci dan abstrak
  7. Keterangan tambahan, seperti lokasi rak penyimpanan, kode call number, perpustakaan pemilik bahan pustaka, dan sebagainya.
 C. Manfaat Bibliografi

Pencatatan informasi mengenai koleksi perpustakaan dalam bentuk bibliografi dilakukan dengan berbagai alasan antara lain:
  1. Jumlah koleksi perpustakaan yang semakin meningkat bentuk dan bidang kajiannya.
  2. Kebutuhan informasi para pengguna yang semakin beragam dan meningkat jumlahnya.
  3. Upaya untuk meningkatkan kualitas layanan penelusuran informasi yang cepat dan tepat.

Dengan demikian maka, bibliografi dapat digunakan sebagai:
  1. Bahan rujukan terhadap koleksi perpustakaan.
  2. Daftar koleksi yang dimiliki perpustakaan.
  3. Daftar informasi bahan pustaka mengenai suatu bidang kajian tertentu, dan sebagainya.

Contoh Bibliografi yang di ambil dari buku yang berjudul Step by Step Web Design Theory and Practice karya Asep Herman Suyanto.



Abdul Kaadir, Pemograman Web, Mencangkup : HTML, CSS, JavaScript & PHP, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta , 2003.

Sutarman, "Seminar Nasional : Web Design", HMJ TI, Akakom, Yogyakarta, Maret 2005.

Pupung Budi Purnama, http://designworld.master.web.id, Design World. (Juni 2006).

sumber :


Asep Herman Suyanto, Step by Step Web Design Theory and Practice, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta, 2007.




0 komentar:

Posting Komentar

 
©2009 Eta Sugoro | by TNB