II. Pandangan Mengenai Konflik
Konflik bisa timbul karena faktor –
faktor sebagai berikut :
1. Persepsi
: konflik ada karena persepsi berbeda dari pihak – pihak yang bersangkutan.
2. Pertentangan : konflik timbul karena adanya pertentangan
kepentingan.
3. Kelangkaan : konflik terjadi karena sumber – sumber
adanya tidak tak – terbatas.
4. Blokade : konflik didorong oleh perilaku suatu pihak
yang memblokir pencapaian tujuan dari pihak lain.
5. Perbedaan
cara : konflik juga bisa terjadi karena
perbedaan cara untuk mencapai tujuan yang sama.
Pada
hakekatnya terdapat dua pandangan utama mengenai konflik, yaitu :
1. Pandangan
tradisional : setiap konflik akan
mengganggu kerjasama untuk mencapai tujuan organisasi. Karena itu konfllik
selalu mengandung pengertian negative, jelek dan destruktif . Tanggung jawab
manajemen adalah mencegah timbulnya konflik.
2. Pandangan
interaksional : konflik memberikan
dorongan terjadinya perubahan dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Tanpa
konflik, suatu organisasi akan statis, apatis dan tidak tanggap. Namun , agar
konflik dapat fungsional maka harus terkendali.
Teori
pandangan konflik menurut T. Hani Handoko :
a. Pandangan
Lama :
1. Konflik
dapat dihindarkan
2. Konflik
disebabkan oleh kesalahan – kesalahan manajemen dalam perancangan dan
pengelolaan organisasi atau oleh pengacau.
3. Konflik
mengggangu organisasi dan menghalangi pelaksanaan optimal.
4. Tugas
manajemen adalah menghilangkan konflik.
5. Pelaksanaan
kegiatan organisasi yang optimal membutuhkan penghapusan konflik.
b. Pandangan
Baru :
1. Konflik
tidak dapat dihindarkan.
2. Konflik
timbul karena banyak sebab, termasuk struktur organisasi, perbedaan tujuan yang
tidak dapat dihindarkan, perbedaan dalam persepsi dan nilai – nilai pribadi dan
sebagainya.
3. Konflik
dapat membantu atau menghambat pelaksanaan kegiatan organisasi dalam berbagai
derajat.
4. Tugas
manajemen adalah mengelola tingkat konflik dan penyelesaiannya.
5. Pelaksanaan
kegiatan organisasi yang optimal membutuhkan tingkat konflik yang moderet.
lanjutan tulisan selanjutnya....http://coretaneta.blogspot.com/2012/10/sebab-sebab-timbulnya-konflik.html
Sumber :
Irham, Fahmi (2012). Manajemen. Penerbit ALFABETA.
Kertonegoro, Sentanoe (1994). Manajemen Organisasi. Jakarta : P.T WIDYA PRESS JAKARTA.
Sumber :
Irham, Fahmi (2012). Manajemen. Penerbit ALFABETA.
Kertonegoro, Sentanoe (1994). Manajemen Organisasi. Jakarta : P.T WIDYA PRESS JAKARTA.
http://www.jobcostaccountancy.com/2015/06/cost-calculation-of-department.html
BalasHapushttp://www.belajarketik.com/2015/06/optimalkan-kinerja-microsoft-excel-2007.html
BalasHapus